Sabtu, 17 April 2010

terowongan seikan

Terowongan ini merupakan terowongan terpanjang yang dapat digunakan untuk keperluan transportasi manusia di dunia saat ini (Pebruari 2010). The Seikan Tunnel dibuka pada 13 Maret 1988, setelah menghabiskan waktu sekitar 17 tahun serta menelan biaya sebesar ¥ 538.4 milyar (US $ 3,6 miliar) untuk pembangunannya.
The Seikan Tunnel merupakan terowongan yang melintasi Selat Tsugaru serta menghubungkan 2 pulau di Jepang, yakni pulau Honshu dan Pulau Hokkaido. Keunikan dari terowongan ini adalah letaknya yang sepanjang 23,3 kilometer (14,5 mil) berada di bawah dasar laut.

Terowongan Seikan adalah terowongan untuk jalur rel kereta api sepanjang 53,85 km di Jepang, dimana sekitar 23,3 kilometer dari terrowongan tersebut berada di dasar laut.
Terowongan ini terletak sekitar 140 meter di dasar laut atau dengan kedalaman 240 meter (790 kaki) di bawah permukaan laut.
Terowongan ini berada di bawah Selat Tsugaru yang menghubungkan profinsi Aomori di pulau Honshu jepang dan pulau Hokkaido dan merupakan bagian dari Kaikyo Line of Hokkaido Railway Company.

Untuk saat ini, terowongan Seikan masih memegang rekor sebagai terowongan terpanjang sejagad, namun sebentar lagi, apabila Terowongan Gotthard Base, sebuah terowongan kereta api Eropa, selesai di buat pada sekitar 2018 nanti, maka rekor tersebut akan berubah, karena terowongan baru tersebut bukan hanya yang terpanjang, melainkan juga merupakan terowongan rel kereta api terdalam sejagad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar