Loading...

Minggu, 18 April 2010

jabulani


Belum resmi dirilis, bola resmi Piala Dunia sudah bocor ke media. Diklaim sebagai bola paling bulat yang pernah dibuat, si kulit bundar untuk Afrika Selatan 2010 dinamai 'Jabulani'.

Kata Jabulani berasal dari bahasa Afrika yang bisa diartikan sebagai "merayakan" atau "membawa kebahagiaan". Sesuai lokasi digelarnya turnamen, unsur Afrika memang terlihat jelas pada bola tersebut.

Diberitakan TheSun, bola tersebut juga memuat beberapa unzur Afrika yang bisa dilihat pada coraknya. Perusahaan aparel Adidas masih menjadi partner FIFA dalam penyediaan bola untuk ternamen sepakbola terkabar di muka bumi tersebut.

Adidas mengklaim kalau bola barunya itu telah mengalami pengembangan dalam hal "daya cengkram dan alur" bola. Hal tersebut dimaksudkan untuk membuat si kulit bundar "lebih stabil saat melayang di udara dan tetap memiliki daya cengkram yang sempurna dalam berbagai kondisi".
Perusahaan asal Jerman itu juga menyebut kalau Jabulani adalah bola paling bulat yang pernah dibuat. Bola tersebut menyatukan delapan panel yang dijahit menjadi satu.
FIFA rencananya baru akan mengumumkan bola resmi Piala Dunia ini saat drawing pembagian grup pada Jumat (4/12/2009) mendatang.



11 warna yang terdapat pada Jabulani dimaknai sebagai penghargaan terhadap sepak bola dan negara di Afrika yang pertama kalinya mengadakan Piala Dunia FIFA. Sebelas warna ini mewakili warna untuk setiap tim pemain, setiap bahasa resmi Afrika Selatan dan untuk masing-masing dari 11 komunitas Afrika Selatan yang akan menyambut dunia tahun depan. Desain dalam bola ini menggambarkan dua aspek yang paling penting dari negara Afrika Selatan – keragaman dan harmoni – seperti prinsip-prinsip inilah yang membuatnya seperti bangsa berwarna-warni dan ramah.

Karakteristik Bola Jabulani

Jabulani mengindisikan beberapa kemajuan besar dalam teknologi sepakbola. Ketika pertama kali memegang bola, kesan pertama adalah tekstur cengkeraman dan alurnya yang unik, yang memungkinkan untuk kontrol yang maksimum, kestabilan bola ketika melayang dan cengkeraman yang sempurna dalam segala kondisi.

Cengkeraman dan alur profil lingkaran berputar mengelilingi seluruh bola di memberikan kesan aerodinamis yang optimal dan perpaduan alur memberikan karakteristik unik ketika melayang yang tak tertandingi, membuat bola ini dianggap sebagai bola keluaran Adidas yang paling stabil dan paling akurat.

Bola dibentuk untuk membuat bola ini bulat sempurna sepak bola yang lebih akurat daripada sebelumnya. “Untuk memenuhi aturan ketat FIFA mengenai spesifikasi bola, kami telah menciptakan sebuah bola yang kecil dan berat yang memungkinkan akurasi maksimum, sempurna dan sangat stabil ketika melayang,” kata Thomas Van Schaik, Kepala Humas Adidasl.

Sejumlah pemain terbaik dunia telah sepakat dengan pernyataan Thomas. Frank Lampard berkomentar: “Itu bola yang sangat kuat, sangat baik untuk ditendang” Sementara pihak yang menerima salah satu tendangan Lampard, kiper Petr Cech, berkata “Anda dapat merasakan energi yang datang ke arah Anda, seperti tembakan.”

Semoga saja bola ini tidak menimbulkan kontroversi seperti bola-bola sebelumnya yang dianggap terlalu menyulitkan kiper dan juga pemain, sehingga kenikmatan menonton sepakbola tetap terjaga ketika menggunakan bola jenis ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar