Minggu, 18 April 2010

spaceshiptwo

SpaceShipTwo adalah pesawat ciptaan Virgin Galactic asal Amerika Serikat, sebuah perusahaan yang didirikan miliarder asal Inggris Sir Richard Branson, yang bermitra dengan desainer penerbangan terkenal Burt Rutan. Pesawat ini dirancang untuk bisa terbang keluar angkasa. Hmmmm, tapi bagi anda yang berkantong tipis, bersiaplah untuk kecewa, karena harga tiket untuk bisa mekihat bumi dari luar angkasa adalah US$ 200 ribu atau Rp 2 miliar. Hingga sejauh ini, terdapat 300 orang dari seluruh dunia yang sudah memesan tiket.

SpaceShipTwo, dibangun dari material komposit ringan dan didukung oleh motor roket hibrida. Bentuknya, mirip dengan prototipe sebelumnya dengan beberapa pengecualian. Yakni, ukurannya dua kali lebih besar, berukuran panjang 60 kaki dengan kabin yang luas.

Virgin Galactic mengatakan akan melakukan tes penerbangan pada tahun depan. Demi alasan keamanan, penerbangan komersial disinyalir baru terwujud pada 2011 atau 2012.

"Penerbangan menuju kawasan suborbital planet bumi adalah awal dari sejarah penerbangan komersial manusia ke luar angkasa," tutur Bretton Alexander, Presiden Asosiasi Commercial Spaceflight Federation pada Discovery Channel, Jumat (4/12) waktu setempat.



Seseorang yang sudah membeli tiket, akan meluncur bersama SpaceShipTwo sejauh 65 mil atau 104 kilometer ke angkasa. Pada ketinggian itu, para penumpang dapat melihat planet bumi secara langsung. Tak hanya itu, mereka juga diperbolehkan melepas sabuk pengaman dan merasakan sensasi mengambang di udara.

Keseluruhan wisata ini diperkirakan menghabiskan waktu sekitar dua setengah jam. Sementara untuk harga, Anda harus rela merogoh kocek sebesar 200 ribu dolar AS atau Rp 2 miliar. Hingga sejauh ini, terdapat 300 orang dari seluruh dunia yang sudah memesan tiket.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar